You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANARAN
Kalurahan BANARAN

KAPANEWON GALUR, KABUPATEN KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN BANARAN KAPANEWON GALUR KABUPATEN KULON PROGO Nomor Pelayanan Kalurahan 081235512366 pada jam kerja -- selengkapnya...

Perayaan Milad Muhammadiyah Ke-113 H

Admin Kalurahan 04 Agustus 2022 Dibaca 1.329 Kali
Perayaan Milad Muhammadiyah Ke-113 H

Pada hari Minggu, 31 Juli 2022 di Balai Kalurahan Banaran diadakan acara peringatan milad Muhammadiyah yang ke-113 H. Kegiatan yang digagas oleh PRM Banaran ini diisi dengan kegiatan pengajian, pentas seni oleh murid-murid TK dan SD Muhammadiyah se Kalurahan Banaran, bazar UMKM serta bantuan kepada 216 dhuafa serta santunan kepada yatim piatu. Acara ini dihadiri oleh ketua PDM Kulon Progo Dr. Jumarin, M.Pd, Bapak Panewu Galur Drs. Sunarya, MM, Bapak Lurah Banaran Haryanta, S.H, ketua serta segenap pengurus PRM Banaran, Guru sekolah Muhammadiyah di Banaran serta sejumlah tokoh masyarakat.

Acara dimulai dengan acara pentas seni dari TK dan SD Muhammadiyah. Dari TK ABA di Banaran, mempertunjukkan kemampuan bernyanyai, menari, gerak dan lagu serta hapalan doa. Sedangkan dari SD Muhammadiyah Banaran I dan II mengeluarkan kemampuan murid-murid dalam memainkan alat musik angklung serta menari. Ada pula penampilan membaca puisi dari anak-anak Panti Asuhan Aisyiah Banaran. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Panewu Galur, Drs. Sunarya, MM. Beliau menyampaikan jalan hidupnya tidak bisa dipisahkan dari Muhammadiyah karena dulu pernah sekolah di Muhammadiyah dan menjabat sebagai ketua PRM. Ada tokoh yang menyampaikan, suatu organisasi jika usianya sudah melampui 100 tahun, maka tinggal menunggu saat-saat berakhirnya. Namun Muhammadiyah justru semakin berkembang di usianya yang melebihi 1 abad. Bapak Panewu berharap, Muhammadiyah tetap berdiri kokoh mensyiarkan agama islam dan dapat mengambil peran yang lebih besar dalam menyejahterakan masyarakat.

Acara selanjutnya adalah pengajian yang diisi oleh Ketua PDM Kulon Progo Dr. Jumarin, M.Pd. Beliau menyampaikan agar PRM Banaran dapat semakin maju, tidak terputus generasinya. Karena sejarah Muhammadiyah tidak dapat dipisahkan dari Banaran. Dari Bleberan pernah lahir seorang tokoh besar Muhammadiyah yaitu K.H. Abdul Rozak Fachruddin yang pernah menjabat sebagai ketua umum Muhammadiyah selama kurun waktu 22 tahun dari Tahun 1968 - 1990. Beliau masih tercatat sebagai pimpinan Muhammadiyah dengan periode paling lama menjabat. Bapak A.R. Fachruddin adalah sosok yang sangat sederhana dan bersahaja yang patut dijadikan suri tauladan bagi generasi selanjutnya. Dr. Jumarin berpesan agar warga Muhammadiyah tetap mendukung lembaga-lembaga milik Muhammadiyah seperti sekolah TK dan SD yang ada di Kalurahan Banaran. Jangan sampai lembaga tersebut hanya menjadi sebuah cerita karena sudah tidak berjalan lagi.

Acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada 216 dhuafa dan santunan kepada anak yatim piatu. Kegiatan ini murni dilakukan dengan sumber dari donasi masyarakat Muhammadiyah Banaran dan dilakukan rutin setiap tahunnya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image